Membuat Form Login dengan PHP

Oke Sobat Coding wkwkwk kita langsung aja ya

Pertama buat dulu database di Mysql, namanya bebas kalau saya nama database nya "belajar_template"

Jadi query nya seperti ini

CREATE DATABASE belajar_template

Selanjutnya, buat sebuah table sederhana yaitu table beranama "users" dengan 3 field saja yaitu id, email. dan password

CREATE TABLE `users` (
`id` INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
`email` VARCHAR(50) NULL DEFAULT NULL,
`password` VARCHAR(512) NULL DEFAULT NULL,
PRIMARY KEY (`id`)
);


Setelah membuat database dan table, sekarang saatnya kita membuat form loginnya
( Note : Design Tampilan Form Login Saya Ambil dari Artikel Blog Orang Lain, tetapi saya belum nemu url blog nya untuk di cantumkan, apabila ada nemu url nya info biar saya cantumkan ya...)


buat sebuah file bernama login.html, yang isi nya seperti ini

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Login Coy</title>
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="css/login.css">
</head>
<body>
<div class="login">
<h2 class="login-header">Form Login</h2>
<form class="login-container" action="login.php" method="POST">
<p>
<input type="email" placeholder="Email" name="email" />
</p>
<p>
<input type="password" placeholder="Password" name="password" />
</p>
<p>
<input type="submit" placeholder="Login Bre" />
</p>
</form>
</div>
</body>
</html>

kemudian untuk css buat sebuah folder bernama "css" kemudian buat file dengan nama login.css didalam folder css yang isinya seperti ini

body{
background: #456;
font-family: 'Open Sans', sans-serif;
}

.login{
width: 400px;
margin: 16px auto;
font-size: 16px;
}

.login-header,
.login p{
margin-top: 0;
margin-bottom: 0;
}

.login-header{
background: #28d;
padding: 20px;
font-size: 1.4em;
font-weight: normal;
text-align: center;
text-transform: uppercase;
color: #fff;
}

.login-container{
background: #ebebeb;
padding: 12px;
}

.login p{
padding: 12px;
}

.login input{
  box-sizing: border-box;
  display: block;
  width: 100%;
  border-width: 1px;
  border-style: solid;
  padding: 16px;
  outline: 0;
  font-family: inherit;
  font-size: 0.95em;
}

.login input[type="email"],
.login input[type="password"] {
background: #fff;
border-color: #bbb;
color: #555;
}

.login input[type="email"]:focus,
.login input[type="password"]:focus {
border-color: #888;
}

.login input[type="submit"] {
background: #28d;
border-color: transparent;
color: #fff;
cursor: pointer;
}

.login input[type="submit"]:hover {
background: #17c;
}

.login input[type="submit"]:focus {
border-color: #05a;
}

Terakhir kita buat logic dengan bahasa pemrograman PHP nya dengan nama login.php yang isinya seperti ini

<?php
// open koneksi ke database
define("db_host", "localhost");
define("db_user", "root");
define("db_pass", "");
define("db_name", "belajar_template");

$konek = mysqli_connect(db_host, db_user, db_pass, db_name);
if (!$konek){
die("Error!");
}

// ===

$email = $_POST['email'];
$password = $_POST['password'];

// perintah untuk mendapatkan user dari db berdasarkan nama yang di input di form login
$get_user = "SELECT * FROM users WHERE email = '$email'";
$result = mysqli_query($konek,$get_user);
$data = mysqli_fetch_array($result);
if($data){
// email yang dimasukan ada di db
// check password
if($password == $data['password']){
Header("Location: index.html");
}else{
Header("Location: login.html");
}
}else{
Header("Location: login.html");
}
?>

*** Untuk penjelasan dengan video bisa lihat di link ini :  Membuat Login Form Sederhana Dengan Html + CSS + PHP + MYSQL***

17 komentar

  1. keren kak tutorialnya, sangat bermanfaat banget nih untuk yg lagi belajar php. sebelumnya saya perkenalan diri dulu yah, nama saya Vivi Silvira, dari STMIK Atma Luhur
    (https://www.atmaluhur.ac.id/)

    BalasHapus
  2. Wahhh keren kak, semoga semakin semangat kak untuk membuat artikel-artikel yang bermanfaat selanjutnya,
    Perkenalkan saya Vony Ramadhani, website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. THE BESTTT KAK, saya ROBIANSYAH dari kampus STIMIK ATMA LUHUR PANGKAL PINANG artikel ini sangat membantu saya sebagai pemula dan sangat bermanfaat sekali bagi kami. jangan lupa kunjungi juga website kampus kita https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. WAHHHHHHHH KEREN KAK, saya IRA MEIDIANTI dari kampus STMIK ATMA LUHUR PANGKAL PINANG .artikel ini sangat bermanfaat . dan jangan lupa kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. Hebat kak artikelnya sangat bermanfaat dan bisa membantu kita dalam mempelajari materi ini dengan mudah. Semoga kakak selalu memberikan artikel-artikel yang bisa bermanfaat dan mempermudah para pemula untuk mengerti materi-materi lain, semangat terus ya kak. Perkenalkan saya Ade RimaLinda dari STMIK Atma Luhur. Jangan lupa kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. Wihhh mantap terimakasih kak materinya sangat bermakna dan mudah dimengerti . Banyak materi dan sangat menbah ilmu pengetahuan . Saya widya nurullita dari STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang oh yaaa kinjungi juga website kampus saya hehe https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. Wahhhhhhh blog nya keren dan sangat lengkap lebih mudah di mengerti tentang login dan logout nya. saya Elisa Ramdani dari STMIK ATMA LUHUR . Saya ingatkan ya jangan lupa kunjugi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Terimakasih. Artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu.
    perkenalkan nama saya irfandi amanda putra dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  9. Wahhh keren kak, semoga semakin semangat kak untuk membuat artikel-artikel yang bermanfaat selanjutnya.

    Perkenalkan kak nama saya Vony Ramadhani TP Dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  10. erimakasih kak ,,karna blog yang kakak buat bagus dan saya menjadi lebih memahami mulai dari apa itu wordpress,manfaatnya,dan perbedaan antara wordpress. org dan wordpress .com ,,semoga sukses dan terus berkarya kak perkenalkan nama saya ESA DHEA RAMADHANI ISB Atmaluhur

    BalasHapus
  11. Wahhh keren kak, semoga semakin semangat kak untuk membuat artikel-artikel yang bermanfaat selanjutnya.

    Perkenalkan kak nama saya Sri Wulan Dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  12. Wahh hebat kak,artikelnya keren sekali semoga sukses kak.perkenalkan saya Sri Rahayu dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  13. hai kak sebelumnya trimakasih banyak atas artikelnya sangat mudah dimengerti, sukses ya kak
    perkenalkan nama aku larasati 1822500149 dari kampus ISB Atmaluhur

    BalasHapus
  14. wadaw mantep banget... terimakasih kak materinya sangat keren dan mudah dimengerti . Banyak materi dan sangat menambah ilmu pengetahuan .perkenalkan Saya indah dari STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang oh yaaa kunjungi juga website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  15. Terimakasih kak, informasinya sangat bermanfaat bagi saya,
    perkenalkan saya Nizhra Izdaharia dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  16. Terimakasih kak, atas informasinya sangat bermanfaat bagi saya dan teman"
    Perkenalkan nama saya Andri noviansyah dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  17. Terimakasih kak, atas informasinya sangat bermanfaat bagi saya dan teman"
    Perkenalkan nama saya Andri noviansyah dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus